Wednesday, 10 September 2014 08:40

Lebih Mudah Mana Reparasi Xbox 360 Fat atau Slim ?

Sesuai judul diatas..lebih mudah dan murah mana biaya reparasi Xbox 360 Fat atau Slim?

Lihat gambar di bawah ini :

Xbox 360 Fat Motherboard


Ini adalah motherboard Xbox 360 Fat (mulai dari Xenon, Zephyr, Falcon dan Jasper) memiliki susunan chip seperti gambar diatas.
Terdapat 4 buah chip utama yaitu GPU, CPU, HANA dan Southbridge

Xbox 360 Slim Trinity
Ini adalah motherboard Xbox 360 Slim Trinity, terdapat perbedaan yaitu hilangnya GPU dan CPU yang melebur menjadi XCGPU (Gabungan CPU and GPU)

Xbox 360 Slim Corona Motherboard


Ini adalah motherboard Xbox 360 Slim Corona dan tipe E, dimana komponen chip HANA sudah hilang dan dilebur menjadi Southbridge.

Kerusakan yang sering terjadi pada Xbox 360 Fat, adalah pada GPU (atau pada PC disebut VGA cardnya) , sehingga reparasi bisa lebih murah daripada Xbox 360 Slim. Karena jelas, harga XCGPU lebih mahal dari harga chip GPU atau CPU itu sendiri. Selain itu, apabila mesin Xbox 360 Fat nya tipe standar / flash, maka penggantian chip GPU, sama sekali tidak mempengaruhi sistem mesin itu karena tidak ada data yang tercetak di internal GPU (tidak ada data CPU key dsb pada GPU)

Apabila kerusakan pada CPU, maka sistem secara otomatis terpengaruhi karena data CPU key dan lain-lain tercetak di chip CPU itu sendiri. Dan data CPU itu juga terkandung di dalam NAND Chip (chip CPU dan NAND chip itu berpasangan - dan mesin akan jalan bila keduanya klop / pas) Oleh karena itu, biasanya penggantian CPU, harus dibarengi dengan proses hack JTAG/RGH setelahnya untuk mendapatkan data CPU key baru dari chip CPU yang terpasang dan harus membangun data NAND berdasarkan data yang terkandung di CPU itu sendiri.
Proses JTAG/RGH tidak perlu dilakukan apabila sudah ada data NAND dari chip CPU yang akan dipasang (transplantasi 1 : 1 - dengan kata lain, ganti CPU dan NAND chip sekaligus - atau data NAND nya).

Kerusakan yang banyak terdapat pada Xbox 360 Slim, adalah pada bagian XCGPU nya dan Southbridge (pada Corona dan E). Biasanya, XCGPU harus diganti dan setelahnya, harus dilakukan proses RGH agar mesin kembali berfungsi. Kenapa? Karena prinsipnya sama dengan sebelumnya - CPU key harus diketahui dan data NAND harus dibuat berdasarkan CPU key yang baru. Disini juga sama, data NAND harus pas dengan data yang terkandung di XCGPU itu sendiri.

Di lain sisi, penggantian chip HANA dan Southbridge pada Xbox 360 Fat dan Slim, tidak mempengaruhi sistem mesin. Namun harga komponen Southbridge pada Xbox 360 Corona dan E, jelas lebih mahal dari pada Southbridge atau HANA dari Xbox 360 slim Trinity.

Kesimpulannya, reparasi pada Xbox 360 Fat, bisa lebih murah daripada Xbox 360 Slim. Namun di lain sini, karena kerusakan berputar pada chip itu-itu saja, maka kerusakan pada Xbox 360 Slim Corona dan E, bisa lebih mudah terdeteksi karena chip HANA dan Southbridge sudah disatukan. Jadi biasanya kalau tidak XCGPU , mungkin Southbridge nya.

Mungkin banyak yang belum mengerti dengan tulisan saya diatas. Karena ini 100% masalah teknis.