Wednesday, 27 May 2015 11:23

Membedah Wireless Controller Xbox One

Artikel kali ini akan membahas tentang proses pembongkaran wireless controller Xbox One dan perbedaannya dengan controller Xbox 360. Dibutuhkan obeng torx 8 dan 6 untuk membongkar wireless controller ini.

Simak foto-fotonya di bawah ini.

xb1controller1Ini adalah wireless controller Xbox One dengan tema COD Advanced Warfare

xb1controller2Ini adalah bagian belakangnya

xb1controller3Penutup bagian kiri dan kanan dapat di lepas dan di bawahnya terdapat lubang sekrup. Begitu pula dengan sekrup yang terdapat di bawah sticker

xb1controller4Setelah sekrup dilepas, maka penutup stik bagian depan dapat dilepas.

xb1controller5Ini adalah bagian stik setelah penutup dilepas

xb1controller6Setelah itu, bagian bawah dari stik dapat dilepas

xb1controller7Ini adalah bagian dalam dari stick. Terdapat dua buah PCB di dalamnya. PCB yang lebih dekat terdiri dari chip / IC utama dan tombol analog (PCB A). Sedangkan PCB satunya lagi berhubungan dengan tombol lainnya (PCB B)

xb1controller8Antara PCB A dan PCB B dihubungkan dengan dua buah soket.

xb1controller9Ini adalah bagian depan dari PCB A dimana tombol analog tersolder disini.

xb1controller10Ini adalah bagian dalam dari tombol trigger, di dalamnya terdapat motor kecil untuk fungsi vibrate tambahan.

xb1controller11Ini adalah bagian depan dari PCB B. Dua buah komponen tact switch putih adalah bagian tombol bumper. D-Pad pada Xbox One tidak menggunakan conductor karet lagi melainkan sudah built-in dengan PCB-nya

xb1controller12Ini adalah bagian rangka yang menahan tombol ABXY, Menu dan View (back dan start - bila di Xbox 360), motor untuk vibrate dan conductor

xb1controller13Ini adalah bentuk dari tombol analognya

xb1controller14Ukuran analog Xbox One lebih kecil dari pada analog Xbox 360

 

xb1controller15Perbedaannya cukup signifikan.

xb1controller16Ini adalah bagian dari tombol Trigger. Teknologi yang dipakai adalah jenis magnetic trigger dimana tidak ada lagi komponen definitif melainkan digantikan oleh sensor saja. Teknologi ini di klaim lebih presisi daripada sebelumnya.

Kesimpulannya, wireless controller Xbox One jelas lebih canggih dan lebih sempurna bila dibandingkan dengan wireless controller Xbox 360. 

 

Last modified on Wednesday, 08 February 2017 09:46