Wednesday, 12 November 2014 08:58

Sejarah dan Sisi Terang Dari Hacking Xbox 360

Mungkin banyak orang berpikir, hacking pada sebuah konsol game hanya berkutat pada pembajakan game semata. Pemikiran itu kurang tepat pastinya. Mengapa? Karena hacking pada konsol game dapat juga sangat bermanfaat. Mari terlusuri bagian putih dari hacking pada konsol game terutama pada konsol Xbox 360.

Seperti kita tahu, sampai saat ini pun, konsol Xbox 360 tidak masuk ke Indonesia secara resmi. Jadi, bilamana ada kerusakan, dipastikan sulit mendapatkan garansi dari penjual. Contoh paling sederhana adalah kerusakan pada DVD-ROM. Ini dapat terjadi pada siapa pun. Kerusakan DVD-ROM paling ringan adalah kerusakan pada bagian lensa. Cara memperbaiki lensa, adalah dengan menggantinya dengan lensa yang masih baik. Namun bagaimana apabila satu blok DVD-ROM pada Xbox 360 mengalami kerusakan? Misalnya kerusakan pada pcb nya. Kerusakan ini akan menjadi "kiamat" bagi gamer apabila hacker tidak menemukan cara agar mesinnya dapat kembali berfungsi untuk memutar game.

Jauh sebelum jaman JTAG/RGH ditemukan, hacking pada Xbox 360 masih sebatas pada DVD-ROM yang diutak-atik oleh hacker agar dapat membaca game bajakan. Istilahnya adalah flashing drive Xbox 360. Flash pada drive Xbox 360 dimulai sekitar satu tahun sejak Xbox 360 dirilis, tepatnya pada tahun 2006. Masih ingatkah kalian pada masa lalu, ada istilah flash Xtreme, iXtreme, stealth, LT1, LT2 atau LT3? Itu adalah istilah custom firmware yang di flash atau ditulis pada chip DVD-ROM Xbox 360 agar dapat membaca disc bajakan.

Setiap DVD-ROM Xbox 360 memiliki DVD Key yang unik, dimana DVD key satu drive tidak sama dengan drive lainnya. DVD key pada saat itu merupakan unsur yang sangat penting. Bila DVD key hilang, dan DVD-ROM pun rusak,  maka pada saat itu, "kiamat" juga bagi gamer, karena mesin hanya berfungsi sebagai pemutar DVD film semata (DVD player), namun tidak dapat sama sekali memutar game Xbox 360. Solusinya saat itu, adalah menjual mesin seadanya, atau simpan dengan harapan suatu saat dapat dipergunakan kembali. Sebaliknya, apabila DVD-Key sudah disave sebelumnya, maka apabila DVD-ROM tersebut rusak, maka key yang sudah didapatkan bisa di flash ke drive pengganti sehingga mesin dapat memutar kembali game (ingat istilah spoofing kan?). Spoofing pada saat itu bisa antar drive pula, jadi bila drive asalnya Hitachi, bisa diganti oleh Samsung, atau diganti oleh BenQ atau Liteon. 

Flashing pada Xbox 360 memerlukan hardware khusus, namun drive yang di flash, tidak memerlukan chip atau modifikasi hardware khusus. Flashing bersifat softmod.

hack-2Ini adalah contoh DVD-ROM Xbox 360

hack-1Ini adalah contoh DVD-key pada program Jungleflasher

Sekitar Oktober 2009, Microsoft menerapkan kebijakan yang cukup sadis. Mesin Xbox 360 yang terkena ban akibat ketahuan menggunakan game bajakan pada Xbox Live, tidak dapat kembali menggunakan HDD nya untuk menginstall game. Gamer pun meradang pada saat itu. Untungnya hacker bergerak dengan cepat. Masalah Uncrippling HDD menjadi sebuah pekerjaan yang sering dilakukan pada saat itu oleh para modder. Namun sayangnya, tidak semua mesin dapat di uncrippled HDD nya. Untuk uncrippling HDD, dibutuhkan hardware khusus dan tidak memerlukan hardware tambahan pada HDD yang akan direparasi. Hack ini bersifat softmod.

hack-4Ini adalah HDD Xbox 360 Fat

Sekitar tahun yang sama, lahir hack baru pada Xbox 360 yang dinamakan JTAG hack. Hacker pada saat itu menemukan celah pada versi dashboard sehingga celah tersebut dapat dieksplotasi. Yang ditemukan oleh hacker pada saat itu adalah CPU-key. Sama seperti DVD-key, CPU key juga unik , dimana masing-masing mesin memiliki CPU key yang tidak sama.

Level CPU key lebih tinggi dari DVD-key semata. Dengan adanya CPU-key, maka DVD-key dapat diketahui juga. Intinya, dengan adanya JTAG hack, maka operating system Xbox 360 dapat dikatakan sudah tereksploitasi habis. Mengapa? Karena JTAG itu sangat sakti hingga saat ini. Dengan JTAG hack, semua rintangan atau halangan atau aturan yang dibuat oleh Microsoft pada Xbox 360, dihancurkan. Contohnya adalah masalah region game. Dengan JTAG hack, game dari region manapun dapat dimainkan di mesin manapun juga asalkan sudah di JTAG. Selain itu, peran DVD-Disc sudah tidak utama lagi, karena dengan JTAG hack, game dapat diinstall 100% di dalam HDD tanpa memerlukan disc lagi. Ini seperti patch NO-CD pada instalasi game di PC.

6b-autoggIni adalah layar Xell yang biasa ditemukan di mesin JTAG/RGH

Dengan demikian, mesin yang sebelumnya "koma" karena DVD-Key nya hilang atau DVD-ROM nya rusak, dapat bangkit kembali. Syaratnya cukup mudah..JTAG saja. Namun JTAG itu memiliki keterbatasan juga. Tidak semua mesin pada saat itu dapat di JTAG. Microsoft setelah mengetahui JTAG hack, buru-buru menambalnya agar mesin tidak dapat di JTAG lagi. Batas akhir sebuah mesin dapat di JTAG adalah 19 Juni 2009 dan versi dashboard 2.0.7371.0. Sebelum 19 Juni, semua mesin Xbox 360 dapat di JTAG, setelah masa itu, semua mesin Xbox 360 kadaluarsa untuk di JTAG. Untuk melakukan JTAG hack, diperlukan hardware khusus dan mesin dipasangi dua buah diode pada motherboardnya. JTAG hack termasuk dalam kategori hardmod

hack-3Ini adalah contoh JTAG hack menggunakan metoda LPT

JTAG juga berguna untuk membangkitkan mesin yang sudah mati CPU nya. CPU yang mati tidak dapat di reparasi, solusinya adalah dengan mengganti CPU. Dengan adanya JTAG, maka informasi CPU donor akan diketahui dan dapat diaplikasikan ke mesin yang sakit sehingga mesin hidup kembali. 

Dengan semakin sedikitnya mesin yang masih bisa di JTAG, maka mesin JTAG pada saat itu menjadi sangat langka. Microsoft pada tahun 2010 merilis Xbox 360 jenis baru yang dinamakan Xbox 360 Slim. Mesin ini, sudah jelas tidak dapat di JTAG. Namun bagusnya, hack pada DVD-ROM Xbox 360 tetap berjalan. Sehingga mesin baru pun dapat menjalankan game bajakan.

Sekitar Agustus 2011, lahir kembali era yang mirip dengan JTAG yang disebut RGH (Reset Glitch Hack). Mesin RGH pada prinsipnya sama fungsinya dengan apa yang dimiliki oleh mesin JTAG namun RGH memerlukan hardware atau modchip yang harus dipasang di motherboard Xbox 360. Pada tahap awal, RGH hanya untuk Xbox 360 Slim saja. Namun tidak lama , dapat juga diterapkan di mesin Xbox 360 Fat. Pada saat itu, artinya hampir semua mesin Xbox 360 dapat di hack, terkecuali mesin Xbox 360 fat Xenon dan Zephyr yang sampai saat ini, kurang sempurna atau tidak bisa sama sekali diterapkan hacking RGH.  Hack RGH sama seperti JTAG, bertipe hardmod.

hack-5Ini adalah contoh chip CR3 Lite untuk RGH

Hack RGH berjalan hingga saat ini. Namun kelihatannya, hack RGH akan berhenti pada mesin Xbox 360 E tipe baru dengan motherboard berkode Winchester. Ini diakibatkan, Microsoft telah merubah total titik-titik eksploitasi pada mesin sehingga hacker terlihat sudah "meninggalkan" hack RGH ini dan fokusnya saat ini adalah pada Xbox One.

Untuk Xbox One sendiri, hacker bernama C4Eva sudah mengkonfirmasi bahwa hack itu akan hadir. Mengenai hack apa yang dimaksudnya, kita tunggu waktu saja.

Kesimpulannya, dengan adanya hacker, dunia console game menjadi tidak monoton. Tidak dipungkiri, ada ekses negatif yang hadir, contohnya adalah pembajakan dimana-mana. Namun tujuan hacker itu sendiri, sebenernya adalah mencoba mengeksploitasi sebuah system dan bertujuan membantu end user untuk mengatasi berbagai hal yang ditemukan. Contohnya ya seperti yang disebutkan diatas, dengan adanya hack, maka mesin-mesin yang sakit dapat hidup kembali dan dapat difungsikan kembali, walau tidak ada support resmi dari pabrik console game itu. Bayangkan bila tidak ada hack, mungkin mesin-mesin sakit itu sudah menjadi sampah. Jadi, jelas..dunia console game memerlukan hacker. Dan sebaliknya, pembuat console game memerlukan hacker pula, karena dengan hack, jelas penjualan console menjadi semakin meningkat.

Last modified on Wednesday, 08 February 2017 00:59