Friday, 18 May 2012 00:51

Apa beda RGH/JTAG dengan Flash LT+ 2.0 / LT+3.0

Sering kali orang bingung tentang hacking atau unlocking pada Xbox 360. Banyak yang masih belum bisa membedakan apa itu RGH JTAG LT+ dan sebagainya. Artikel ini akan membahasnya secara singkat yang mudah dimengerti.

 

Pertama-tama, Xbox 360 adalah sebuah mesin atau console game / multimedia yang memiliki Motherboard layaknya sebuah PC yang lengkap dengan VGA  / Memory dsb dan memiliki pemutar media yang disebut DVD-ROM. Agar Xbox 360 dapat membaca game atau aplikasi yang tidak resmi - game copy dan sebagainya, harus dilakukan hacking pada Motherboard dan DVD-ROM. Perlu diingat, mesin yang berasal dari pabrik, sama sekali tidak dapat menjalankan game copy maupun aplikasi lainnya yang tidak resmi. Jadi proses hacking merupakan proses modifikasi yang dilakukan oleh orang-orang yang biasa disebut modder.

 

Hacking tingkat dasar (Flashing LT+)

Hacking paling sederhana adalah pada DVD-ROM yang biasa disebut Flashing. Flashing berarti menulis ulang firmware pada DVD-ROM agar dapat membaca game copy. Untuk melakukan Flashing, dibutuhkan alat-alat atau hardware khusus yang biasanya harus dibarengi dengan software seperti JungleFlasher atau Lizard Toolbox pada PC. Alat-alat tersebut diantaranya CK3i, X360USB Pro dan Maximus Lizard. Dengan Flashing, Xbox 360 dapat memainkan game copy yang sesuai regionnya dengan mesin yang dibelinya. Misalkan, mesin Xbox 360 region Asia, hanya dapat memainkan game dengan region Asia dan yang Free Region. Contoh lain,  mesin yang berasal dari region USA, hanya dapat memainkan game dari region USA saja dan game-game Free Region. Bisa disebut, hacking pada DVD-ROM adalah Semi-hack, alias hacking separuh saja. Pada hacking tingkat dasar ini, semua game yang memiliki region sama dengan mesin dapat diinstal ke harddisk namun masih membutuhkan fisik disc nya. Keuntungan hacking tingkat dasar adalah memungkinkan gamer untuk terkoneksi ke Xbox Live walau dalam status yang tidak aman juga. Proses upgrade dashboard dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa resiko sama sekali. Cukup colok ke Internet atau melalui USB flash drive, dashboard dapat diupgrade secara sempurna.

xbox 360 drive

 

positive

- Dapat memainkan game copy walau harus dengan region yang sama

- Dapat terhubung ke Xbox Live walau masih dalam status yang tidak aman juga

- Update Dashboard dapat dengan mudah dilakukan tanpa proses di PC terlebih dahulu.

negative

- Masih membutuhkan fisik disc - tidak dapat 100% terinstall di HDD Xbox 360

- Masih dapat terkena ban bila terhubung ke Xbox Live

- Perlu flashing berkala

- Hanya dapat memainkan game dengan region yang sama

 

Hacking Lanjutan (JTAG/RGH)

Hacking selanjutnya yang dapat diterapkan adalah hacking pada motherboard Xbox 360. Ada dia jenis hacking yaitu JTAG (Joint Test Action Group) dan RGH (Reset Glitch Hack). Hacking ini mengubah system secara keseluruhan dimana Operating System yang dibuat secara khusus (analogikan dengan Windows) ditulis ulang pada NAND Chip (analogikan dengan memory) di motherboard. Penulisan ulang Operating System (pada Xbox 360 disebut NAND / Kernel ) membutuhkan juga alat atau hardware khusus seperti NAND-X atau NANDFlasher dan software khusus seperti J-Runner, XNANDHealer dan lain sebagainya. Untuk proses pembacaan NAND bawaan pabrik dan penulisan ulang kembali pada mesin Xbox 360 dibutuhkan penyolderan dibeberapa titik. Dengan JTAG/RGH, mesin Xbox 360 dapat memainkan game dari region lain, tidak lagi terikat membutuhkan fisik disc game dan masih banyak fitur-fitur lainnya.

motherboard

 

JTAG merupakan hack pada motherboard yang paling sederhana. JTAG membutuhkan dua buah diode dan sebuah jumper yang disolder pada mesin Xbox 360. JTAG hanya dapat diterapkan pada mesin Xbox 360 Phat dengan dashboard original maksimum di 2.0.7371.0 dan memiliki MFR (manufacture date) sebelum 18 Juni 2009. Semua Xbox 360 yang memiliki kondisi demikian dapat dilakukan proses JTAG.

jtag

 

RGH memiliki fungsi yang sama persis seperti JTAG namun beda cara hackingnya. RGH dapat diterapkan pada mesin Xbox 360 Phat dan Slim kecuali tipe Phat Xenon dan Zephyr (tidak sempurna) dan Slim Corona (belum ada hacknya). RGH membutuhkan hardware tambahan yang dinamakan Glitch Chip atau Glitch Board. Saat ini sudah banyak sekali produsen yang menawarkan merek Chip yang pada intinya memiliki fungsi yang sama. Merek-merek terkenal diantaranya Xecuter Coolrunner, Matrix Glitcher, 360 Squirt, Maximus Stinger, 360Glitch dan lain sebagainya. RGH saat ini sudah memiliki dua versi yaitu RGH 1.0 dan RGH 2.0.

RGH

RGH 1.0 sudah sangat sempurna dan dapat diterapkan pada mesin Xbox 360 Phat yang belum terupdate ke dashboard 2.0.14714 atau 2.0.14719.0 atau dengan kata lain, dashboard maksimal untuk melakukan RGH 1.0 pada Xbox 360 Phat adalah 2.0.14699.0. Pada Xbox 360 Slim, saat ini belum ada patokan maksimal dashboard tertentu. Asalkan motherboard Slim adalah Trinity, sudah pasti dapat di RGH.

RGH 2.0 saat ini belum begitu sempurna dan hanya dibutuhkan pada mesin Xbox 360 Phat yang sudah terlanjur terupdate ke dashboard 2.0.14714 atau 2.0.14719. Selain itu, RGH 2.0 juga hanya untuk mesin Xbox 360 Phat yang merupakan barang refurbished secara resmi. Tidak sempurnanya RGH 2.0 dapat dilihat dari acaknya waktu booting - kadang instan, kadang sampai 3 menit dan sebagainya. Untuk menanggulangi efek lag tersebut Xecuter sudah merilis Coolrunner rev C.

Bukan berarti RGH 2.0 merupakan upgrade dari RGH 1.0. Tujuannya sama namun hackingnya berbeda. Jadi bagi yang sudah di RGH 1.0, tetap lah di posisi tersebut - RGH 2.0 bukan untuk Anda.

Perbedaan mendasar pada RGH dan JTAG adalah pada saat menggunakan HDD Eksternal USB. Pada mesin RGH, HDD eksternal tidak boleh terpasang pada mesin agar terhindar dari Error 71 kecuali HDD eksternal tersebut memiliki adaptor power. Hal ini tidak ditemukan pada JTAG. Error 71 berarti dapat dikatakan "kurang daya" karena hacking RGH sangat sensitif terhadap tegangan dan daya listrik.

 

positive

- Dapat memainkan game dari region manapun tanpa batasan

- Dapat terlepas dari kebutuhan fisik disc game - game dapat terinstall 100% pada harddisk

- Dapat memainkan fitur DLC (Downloadable Content) dan XBLA (Xbox Live Arcade) secara gratis dengan cara mengunlocknya secara software

- Dapat memainkan game yang terinstall pada HDD eksternal.

- Kapasitas HDD tidak terbatas dan dapat menggunakan sembarang merek

 

negative

- Tidak bisa terkoneksi ke Xbox Live

 

Kesimpulannya, bila Flash LT+ dikombinasikan dengan RGH/JTAG, maka dipastikan semua game yang ada di pasaran saat ini dapat dimainkan dengan sempurna. Sekali lagi diingatkan , tidak ada hubungan flash LT+ dengan RGH, masing-masing jalan sendiri namun dapat saling bantu.

Last modified on Sunday, 05 February 2017 12:29