Monday, 28 May 2012 23:07

Mengenal Format Game XEX dan GOD

Secara umum ada dua cara install disc game yaitu melalui mesin Xbox 360 itu sendiri atau melalui Windows PC via LAN. Dan ada dua cara install game pada mesin JTAG atau RGH yaitu lewat Dashboard aslinya atau lewat FreestyleDashboard. Artikel ini akan membahasnya secara singkat.

Sebagaimana yang perlu diketahui, hanya ada dua format game yang dapat dibaca oleh mesin JTAG atau RGH yaitu format XEX (Xbox 360 Executable) dan GOD (Games on Demand). Format ISO saat ini hanya dapat dibaca oleh Xbox 360 dengan menggunakan hardware bernama X360 key dan sejenisnya (bukan mesin JTAG/RGH).  Untuk merubah format disc menjadi kedua format game tersebut dapat dilakukan di mesin Xbox 360 sendiri atau dapat pula dilakukan di Windows PC dengan merubahnya terlebih dahulu ke format ISO lalu di extract. Apa perbedaan format XEX dan GOD dan ISO ?

Analogikan ISO sebagai sebagai gelas dan analogikan air sebagai XEX dan analogikan GOD sebagai es. Gelas tersebut dapat berisi penuh atau dapat pula hanya tersisi setengah. Oleh karena itu, format ISO memiliki ukuran file yang seragam yaitu 7.29GB (XGD2) atau 8.13GB (XGD3) sedangkan bila ISO itu di extract, isinya bervariasi dari total 1GB sampai 8GB. Bukan berarti game dengan total file sebesar 1GB itu hasil kompres, tapi memang kenyataannya game tersebut memiliki besar file sebesar 1GB baik XEX atau GOD.  Format XEX dengan format GOD berbeda dalam jumlah file yang diekstraksi. Format XEX memecah game ke bagian terkecil sedangkan format GOD memecah game ke beberapa file bernama data dengan masing-masing file sebesar 166mb. Lihatlah gambar analogi di bawah ini :

analogi

Format XEX dapat dicapai dengan menggunakan program Exiso-GUI pada PC atau melalui fitur DVD Extract atau Copy DVD pada FSD.

Format GOD dapat dicapai dengan menggunakan program ISO2GOD pada PC atau install game secara biasa pada dashboard Xbox 360

 

 

XEX

positive

- Untuk beberapa game yang ingin di patch atau cheat dapat diaplikasikan pada format XEX, contohnya Deadspace 2

- Folder Systemupdate dapat dibuang bila tidak perlu dengan mudahnya

- Proses ekstraksi cepat bila dilakukan di PC melalui program Exiso-GUI

- Game dapat langsung terdeteksi di FSD tanpa perlu patching dengan program tertentu

negative

- Beberapa game memiliki file sampai ribuan sehingga transfer game ke HDD dipastikan sangat lambat dan lama, contohnya Dragon Dogma

- Game tidak terdeteksi di NXE

- Memerlukan folder DLC yang berbeda dengan folder game tersebut

- Proses ekstraksi sangat lama bila dilakukan di FSD

 

GOD

positive

- Game terdeteksi di NXE

- Jumlah file tidak mencapai ribuan, sehingga proses transfer menjadi lebih cepat

- File DLC dapat dan harus disatukan dengan folder game

- Proses ekstraksi lebih cepat bila dilakukan di lingkungan NXE (install game)

negative

- Proses ekstraksi sangat lambat bila dilakukan di PC melalui program ISO2GOD

- Susah untuk mengetahui judul game pada HDD karena nama folder adalah GAMEID, contohnya 43430814 adalah Dragon Dogma

- Memerlukan patch oleh NXE2GOD agar game terdeteksi di FSD

 

conclusion

Bila Anda mengutamakan kecepatan dalam mentransfer file ke HDD, sebaiknya format yang dituju adalah GOD. Format XEX berguna bagi Anda yang ingin mengutak-atik file game yang akan dimainkan. Namun pada akhirnya format manapun sah-sah saja digunakan karena memiliki kelebih dan dan kelemahan masing-masing.

Last modified on Sunday, 05 February 2017 12:57