Thursday, 20 June 2013 09:33

Mengenal Xbox 360 E

Pada ajang E3 kemarin ini, Microsoft memperkenalkan desain baru Xbox 360 dengan tema yang mirip dengan Xbox One yang dinamakan Xbox 360 E. Bila Xbox One memiliki desain yang serba kotak dengan sisi lancip, maka desain Xbox 360 E  masih menyisakan lengkungan-lengkungan ala Xbox 360 namun lebih disederhanakan dan mengkombinasikan permukaan glossy dan matte. Secara umum, desain Xbox 360 E, lebih mirip dengan bentuk Xbox 360 S.

Perilisan Xbox 360 baru ini bukan tanpa alasan, Microsoft berencana untuk menjual lebih dari 25 juta konsol Xbox 360 selama setidaknya 5 tahun ke depan. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa Xbox 360 tidak dihentikan produksinya setelah Microsoft memperkenalkan Xbox One. Microsoft juga berencana untuk tetap merilis ratusan game untuk platform Xbox 360 untuk ke depannya. 

xbox-360-e

 

 

Bila dilihat dari situs ifixit, maka dapat terlihat beberapa perbedaan dengan desain Xbox 360 S sebelumnya, namun tidak banyak.

faceplate

Pada gambar di atas, terlihat tombol eject tidak berada pada sisi kiri lagi. Tidak ada tombol apapun di sana. Tombol eject dan power digeser ke sebelah kanan.

backside

 

Pada bagian belakang terlihat konektor adaptor dirubah menjadi bentuk lingkaran sederhana di sebelah kiri. Tidak ada lagi port AV yang berbentuk jajaran genjang. Microsoft merubah port AV tersebut menjadi bentuk lingkaran juga. Port USB menjadi dua buah saja (port USB ada tiga pada Xbox 360 S).

hdd-port

 

Dudukan HDD internal yang sama persis dengan Xbox 360 S pada bagian samping.

faceplate-teardown

 

Adanya board PCB pada bagian faceplate (tidak ada board PCB pada faceplate Xbox 360 S)

power-board

Board PCB pada faceplate tersebut berfungsi sebagai panel yang berisi tombol / switch power, sync, port infrared, dan indikator LED. Tidak ada lagi touch button switch. Semua tombol kembali ke tombol fisik ala Xbox 360 Phat, sehingga tidak ada lagi konsol Xbox 360 E yang mati tiba-tiba atau membuka tray tiba-tiba pada saat mesin hidup.

 

rf-board-front

 

Pada bagian depan, di bawah faceplate terdapat apa yang dikenal dengan RF board (Radio Frequency Board) yang berfungsi untuk menangkap sinyal dari wireless controller (untuk proses sync)

rfboard

Tidak ada LED pada RF board ini karena LED sudah dipindahkan ke panel yang ada di bagian belakang faceplate. Bentuk RF board ini mirip dengan apa yang sudah ditemukan pada Xbox 360 S.

xbox-360-e-fan

 

Bentuk kipas/fan yang identik dengan apa yang ditemukan pada Xbox 360 S

xclamp

 

Masih menggunakan X-clamp sebagai pengait heatsink.

 

 

board

 

Bentuk heatsink yang sama dengan Xbox 360 S

top-board

 

bottom-board

Bentuk PCB board dan struktur komponen yang relatif sama dengan Xbox 360 S. Kabar baiknya, Xbox 360 E sudah dikonfirmasi dapat di RGH dengan mengacu pada forum Team Xecuter.

 

overall

Secara umum, spesifikasi dan perbandingan antar Xbox 360 dapat dilihat pada tabel di bawah ini :

spesifikasi

Tidak ada perbedaan sama sekali dalam hal kualitas grafis karena masih merupakan generasi Xbox 360.

 Harga dari Xbox 360 E ini sama dengan Xbox 360 S sebelumnya yaitu $199 untuk versi 4GB, $299 untuk 250GB, dan $299 untuk 4GB + Kinect.

Last modified on Monday, 06 February 2017 13:45