Monday, 23 July 2012 11:17

Ulasan Xecuter Xbox Repair Kit Extreme Edition

Mesin Xbox 360 selama ini terkenal dengan penyakit yang disebut RROD alias Red Ring Of Death, alias error yang disebabkan oleh overheating pada mesin. Ini ditandai dengan menyalanya lampu merah pada tombol power di depan mesin. Sekitar 90% kerusakan RROD diakibatkan oleh kerusakan pada titik solder di bawah GPU (Graphics Processing Unit). Akibat panas yang berlebih , maka motherboard akan melenting dan Xclamp (pengikat GPU/CPU) tidak kuat untuk menahan GPU/CPU agar tidak ikut melenting. 

RROD

xenon

gpu-cpu

xclamp

Dengan tidak kuatnya Xclamp untuk menahan lentingan, maka titik-titk solder di bawah chip GPU dan GPU biasanya akan terlepas dari tempatnya. Inilah penyebab utama RROD.  Bagaimana cara yang terbaik untuk memperbaki RROD? Salah satunya tentu membawanya ke teknisi untuk diperbaiki. Namun, saat ini, Team Xecuter telah merilis peralatan yang dapat memungkinkan Anda memperbaiki sendiri mesin Xbox RROD di rumah tanpa perlu membawanya ke teknisi. Kumpulan alat tersebut dinamakan Xecuter Repair Kit Extreme Edition. Semua peralatan yang dibutuhkan untuk memperbaiki mesin RROD sudah disediakan dan tinggal langsung diaplikasikan tanpa perlu proses pengeboran, pemotongan, pengamplasan dan lain sebagainya. Untuk saat ini, toolkit diperuntukkan hanya untuk Xbox 360 Phat.

Xecuter-Xbox-Repair-Kit-Extreme-Edition

Paket lengkap ini berisi :

* Obeng Torx 10
* Obeng Torx 8
* Obeng minus
* Xbox Unlock Tool V2
* X-CLAMP Removal Tool
* 1 x BOXX-CLAMP
* 8 x X-BOLTS
* 40 x Ringplat
* 1 x Southbridge Steel Clamp
* 1 x Southbridge Heatsink
* 1 x ANA/HANA Scaler Heatsink
* 4 x Thermal K-Pads (Untuk 4 buah Ram Chip dibawah motherboard)
* 2 x Thermal K-pads (Untuk 2 buah Ram Chips dekat GPU)
* 2 x GPU & CPU Foam Shims
* 1 x Thermal Paste Kualitas terbaik (5.0 W/m-K)
* 1 x Thermal Paste Removal Tool / Applicator
* 2 x Tissue Alcohol (Pembersih thermal paste)
* 1 x karet DVD Drive
* 4 x DVD Foam Protectors

Pemasanganya pun mudah dan tingkat kesuksesan menghidupkan kembali mesin yang rusak, sangat tinggi. Berikut adalah beberapa foto mengenai proses pemasangan RROD repair kit ini :

Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat disini 

1b

2

3

5

6

7

8

9

9b

10

11

12

13

* Proses overheating dengan cara kipas tidak disambungkan pada soketnya,.

14

 

Setelah didiamkan selama 5 menit, coba jalankan Xbox 360 Anda, bila terpasang dengan baik, maka Xbox Anda akan hidup kembali secara normal. Metoda yang ditawarkan ini cukup praktis dan namun dapat dipertanggungjawabkan. Logikanya, apabila mesin dibiarkan overheat, maka titik-titik solder di bawah GPU akan "meleleh" . Lalu, akibat adanya tekanan yang diberikan oleh pelat Boxx-Clamp dan baut-baut penunjangnya, titik-titik solder yang lepas akan menjadi satu lagi. Dengan demikian, mesin hidup kembali. Bagi Anda yang ingin mencoba untuk bereksperimen, silahkan membeli toolkit ini. Toolkit ini dapat dipindahkan ke mesin lain, asalkan masih tetap Xbox 360 Phat. Sebagai hasil experimen, saat ini, sudah dua mesin yang berhasil dihidupkan kembali  oleh Sthetix yaitu Falcon dengan error 0110 dan Xenon dengan error 0102. Dan memang terbukti, alat-alat ini memiliki tingkat kesuksesan yang tinggi. Sebagai penutup, tidak dipungkiri, Xecuter tidak menjamin 100% mesin RROD dapat hidup lagi dengan menggunakan alat-alat ini. Setidaknya, apabila Anda malas untuk membawa mesin RROD ke teknisi, alat-alat ini dapat diandalkan. Prinsipnya, ada usaha, ada jalan. Semoga membantu.

Last modified on Sunday, 05 February 2017 14:58