Saturday, 18 January 2014 09:52

Lebih Detil Tentang Xbox One Wireless Controller

Console Xbox One sudah dirilis beberapa waktu lalu namun belum banyak informasi yang didapat terutama tentang wireless controllernya. Artikel ini akan membahas sedikit lebih detil dari segi fisiknya.

xbox-one-controller-comparedPerbandingan Wireless Controller Xbox One dan Wireless Controller Xbox 360

Secara keseluruhan, tidak telalu banyak yang berubah pada wireless controller Xbox One bila dibandingkan dengan wireless controller Xbox 360, namun hal yang paling terasa adalah analog caps Xbox One berdiameter lebih kecil bila dibandingkan dengan wireless controller Xbox 360. Disamping itu, wireless controller Xbox One lebih berat 15gram. Ini mempengaruhi faktor ergonomis itu sendiri. Singkatnya, wireless controller Xbox One kurang terasa enak bila dibandingkan dengan wireless controller Xbox 360. Mungkin ini hanya tahap awal saja, namun sebaiknya Microsoft tidak merubah apa yang sudah enak menjadi kurang enak.

xbox-one-controller-analog-capsAnalog caps yang bertekstur

Perubahan lain terlihat dari lampu LED yang digunakan pada tombol power. Wireless controller Xbox One menggunakan lampu LED putih pada setiap indikatornya.

xbox-one-controllerLampu LED putih pada tombol power

Bahan plastik yang digunakan pun berbeda dengan wireless controller Xbox 360, dimana wireless controller Xbox One lebih matte/doff

xbox-one-controller-matteBahan plastik yang berbeda dari generasi sebelumnya

 

Hal lain yang membuat wireless controller Xbox One kurang enak adalah posisi atau perletakan tombol RB dan LB. Posisi kedua tombol itu lebih susah dijangkau bila dibandingkan dengan wireless controller Xbox 360. Di sisi lain, tombol LT dan RT tidak begitu terasa perbedaannya.

xbox-one-controller-LT-LBTombol LT/RT dan LB/RB

Hal positif dari wireless controller Xbox One adalah desain dan perletakan baterai. Jelas, desain wireless controller Xbox One lebih rapih dibandingkan dengan wireless controller Xbox 360. 

xbox-one-controller-battery-coverDesain tutup baterai yang lebih rapi.

xbox-one-controller-battery-compartmentDesain tempat baterai yang lebih baik

Hal lainnya adalah port headset yang berbeda dengan sebelumnya. Dipastikan headset Xbox 360 tidak dapat digunakan di Xbox One dan sebaliknya.


xbox-one-controller-headset-portPort headset

Wireless controller Xbox One kini dilengkapi dengan port USB yang dapat digunakan sebagai sumber listrik sehingga wireless controller Xbox One dapat dirubah menjadi wired controller.

xbox-one-controller-usb-portPort USB

Pada sisi desain, tidak ditemukan lubang baut pada seluruh permukaan wireless controller Xbox One. Ini dikarenakan ada semacam cover pada kedua sisi wireless controller tersebut.

xbox-one-controller-no-screwTidak ada lubang baut

xbox-one-controller-screw-coverCover baut pada kedua sisi

Singkatnya, wireless controller ini memiliki kelebihan dan kekurangannya. Mudah-mudahan Microsoft dapat memperbaiki hal yang kurang baik dari desain yang sudah ada.

Last modified on Tuesday, 07 February 2017 10:37