Sunday, 03 February 2013 12:01

Cara Memainkan Disc JTAG/RGH Rip Pada Drive Unhackable

Pada saat ini, rata-rata semua drive yang ditemukan pada Xbox 360 Slim tidak dapat membaca disc copy secara normal dari dashboard. Ini disebabkan karena drive yang ditemukan pada Xbox 360 Slim baru (Corona dan sebagian kecil Trinity) merupakan drive Liteon  atau Hitachi yang sampai saat ini tidak dapat di flash (tidak dapat di hack ke LT3). Solusi yang biasanya digunakan adalah mengganti drive tersebut menggunakan drive lain yang dapat di hack. Solusi ini hanya dapat diterapkan apabila mesin sudah di RGH. Dengan penggantian drive, maka semua game disc copy dapat dijalankan pada mesin seperti biasanya. Namun, penggantian drive jelas memerlukan biaya ekstra yang biasanya tidak murah.

Kini, dengan ditemukannya RGH, solusi penggantian drive bukan merupakan obat satu-satunya bila ingin bermain game langsung dari disc. Drive original Liteon maupun Hitachi original dapat juga membaca disc copy asalkan disc tersebut berformat JTAG/RGH rip. Apa yang disebut disc JTAG/RGH rip itu? Disc JTAG/RGH rip merupakan disc yang berisi game hasil ekstraksi ISO menggunakan program seperti 360mpgui atau ISO2GOD. Game berformat JTAG/RGH rip juga dapat ditemukan dengam mudah dengan membuka link ini. Data hasil ekstraksi itu di lalu di burn ke media DVD menggunakan software standar seperti Nero atau sejenisnya sebagai Data Disc (burn seperti biasa seperti layaknya burn data ke dalam media CD atau DVD, tanpa menggunakan setting khusus). Media DVD yang digunakan bebas. Artinya, boleh merek sembarang dan boleh berupa single layer (kapasitas 4.7GB)  maupun dual layer (kapasitas 8.5GB) asalkan data hasil ekstraksi ISO tersebut masuk semua ke dalam media yang digunakan. 

Karena berformat Data Disc, maka disc hasil burn tidak akan menampilkan icon game yang akan dimainkan. Dan, untuk memainkan game disc berformat JTAG/RGH rip ini, diperlukan trik sederhana. Trik tersebut adalah menggunakan fitur File Manager yang terdapat di Freestyledash. 

 

Berikut tahapannya

1. Masukkan disc hasil burn tersebut ke dalam mesin dan lihatlah iconnya pada layar tertera Mixed Media Disc. Abaikan dan segera masuk ke Freestyledash

mixmedia-12

2. Di Freestyledash, icon game terbaca sebagai Data DCD/CD. Abaikan dan masuklah ke File Manager

mixmedia-2

 

3. Pada File Manager, pilihlah direktori DVD

mixmedia-3

 

4. Tutorial ini menggunakan contoh game Lego Batman 2. Masuklah folder game tersebut

mixmedia-4

 

5. Pilihlah file bernama default.xex dan tekan A

mixmedia-5

 

6. Dan apabila data game dan hasil burn sebelumnya baik, game disc berformat JTAG/RGH rip dapat jalan dengan baik.

mixmedia-6

 

Tutorial ini dibuat atas informasi yang didapat dari Rony Seven Ronaldo dan dikonfirmasi oleh Chrono Game Shop dan telah dicoba dan di test langsung dengan baik. Semoga bermanfaat.

 

Last modified on Monday, 06 February 2017 10:15