Friday, 08 May 2015 07:59

Cara Mengkonversi Disc Game Ke Format JTAG/RGH

Artikel ini harusnya dibuat pada awal-awal metode JTAG ditemukan, namun masih saja banyak gamer yang belum tahu cara mengkonversi game dari bentuk disc ke bentuk game JTAG/RGH seperti XEX / GOD.

Tutorial ini berguna bagi gamer yang memiliki DVD-ROM Xbox yang sudah lemah sehingga mesin tidak memiliki kemampuan untuk mengekstraksi disc game ke HDD Xbox 360. Dan juga sangat berguna apabila diterapkan pada game yang memiliki ribuan files di dalamnya seperti game Thieft versi XEX yang miliki 2.500-an files di dalamnya sehingga Freestyle kemungkinan besar mengalami kegagalan untuk mengekstraksinya ke HDD.

Secara prinsip, tidak ada perbedaan jenis format game yang ingin dijalankan. Keduanya dapat berjalan dengan baik pada mesin JTAG/RGH. Perbedaan mendasar adalah format XEX dapat di modifikasi (seperti game PES 2015 dsb)  sedangkan format GOD tidak.  Format XEX memecah sebuah game menjadi file-file dasarnya, sedangkan format GOD memecah game menjadi beberapa grup file. Sehingga sebuah game format XEX dapat terdiri dari ribuan files di dalamnya sedangkan format GOD hanya terdiri dari beberapa grup file saja (lihat gambar di bawah). Dengan demikian, proses copy file dari PC ke HDD menjadi lebih cepat format GOD daripada format XEX.

rip1a

Tahap Konversi Menjadi ISO

Sebuah disc game Xbox 360 dapat dikonversi menjadi format game JTAG/RGH rip dengan cara menjadikannya sebagai file ISO terlebih dahulu. Untuk mengkonversinya menjadi ISO, dibutuhkan program di PC bernama Imgburn (atau software lain yang sejenis). Disc game yang dapat di konversi adalah disc yang sudah berbentuk homemade (bukan original - karena disc original tidak dapat terbaca di PC tanpa melalui cara khusus).

Caranya lihat gambar di bawah ini :

rip1Masukkan disc Xbox 360 ke PC, dan buka software Imgburn dan pilih Create Image file from disc

rip2Tentukan save location file ISO tersebut dan tekan icon di bawah untuk memulai proses konversi ke ISO

rip3Proses konversi bisa berlangsung sekitar 20 menit

rip4Ini dalah file ISO yang dihasilkan setelahnya

Setelah file menjadi ISO, ada dua alternatif yang dapat dituju, yaitu format XEX atau GOD. Penjelasannya sudah dibahas di bagian atas dari tutorial ini

 

Konversi Menjadi GOD

Agar sebuah game menjadi format GOD, diperlukan sebuah software bernama ISO2GOD. 

rip5Tekan Add ISO

rip6Buka file ISO yang telah terbentuk tadi. Bila file ISO terbentuk dengan baik, maka ISO2GOD akan mendeteksinya dengan baik pula. Dalam contoh ini game yang akan dikonversi adalah Injustice. Silahkan tentukan save locationnya dan tekan Add ISO

rip7Tekan Convert setelahnya dan proses konversi segera dilakukan

rip8Ini adalah hasil rip ke format GOD

 

Konversi menjadi XEX

File ISO dari game juga dapat dirubah ke format XEX dengan program yang bernama 360MpGUI.

rip9Pilih file ISO yang telah terbentuk, dan tentukan save locationnya. Lalu tekan Extract ISO

rip10Ini adalah hasil extract ke format XEX

Untuk menjalankan game yang telah dikonversi tersebut, silahkan copy / install game ke folder games (atau nama apapun) di HDD internal maupun di HDD eksternal. Kedua format tersebut dapat disatukan dalam folder (tidak usah dipisah).

Selamat mencoba

 

 

 

Last modified on Wednesday, 08 February 2017 09:36