Saturday, 29 August 2015 05:16

Cara Mereset Database Freestyle dan Aurora Dengan Cepat

Baik Freestyle maupun Aurora sama-sama berupa aplikasi yang fungsi utamanya adalah sebagai game loader (disamping fungsi-fungsi lain seperti file manager dan lain sebagainya). Sebagai game loader, kedua aplikasi tersebut tidak secara otomatis mendeteksi game yang terdapat di dalam HDD tanpa melalui proses setting game path sebelumnya. Dan karena masing-masing teknisi atau toko atau gamer mempunyai kebiasaan tersendiri dalam menamakan folder game maupun lokasi install Aurora maupun Freestyle, maka standarnya bisa bermacam-macam.

Salah satu masalah yang sering timbul dari Freestyle (maupun Aurora) adalah ketidakmampuan aplikasi tersebut untuk mendeteksi game walau path game sudah di set dengan benar. Hal ini diakibatkan oleh rusaknya database dari aplikasi tersebut. Dan biasanya bila database sudah rusak, maka Freestyle menampilkan pesan Fatal Crash Intercepted. Cara memperbaiki database dengan mudah yaitu dengan mendeletenya. Namun, database aplikasi tidak dapat di delete apabila aplikasi sedang berjalan. Oleh sebab itu, idealnya dalam sebuah sistem mesin JTAG/RGH terdapat dua buah game loader secara bersamaan yaitu Aurora dan Freestyle. Dengan adanya dua aplikasi tersebut maka masing-masing aplikasi dapat mendelete database terkait yang bermasalah.

Tutorial di bawah ini dibagi dua yaitu tutorial untuk Aurora dan Freestyle. Tutorial ini juga berguna bagi gamer / end user yang ingin mendownload ulang cover game secara otomatis pada aplikasi Freestyle.

Cara Mereset Database Freestyle

Agar database Freestyle dapat di delete maka dibutuhkan aplikasi lain di luar Freestyle yaitu Aurora (atau Xexmenu). Lihat tahapannya di bawah ini

aurora filemanager1Jalankan filemanager Aurora

aurora filemanager2Masuk ke folder instalasi Freestyle/Data, dan sorot folder Databases, GameData dan Logs.

aurora filemanager3Konfirmasi delete ketiga folder tersebut dengan menekan tombol Yes

Setelah ketiga folder tersebut di delete, silahkan buka Freestyle kembali dan lakukan manage game path ulang.

Cara Mereset Database Aurora

Untuk mereset database Aurora, dibutuhkan aplikasi lain seperti Freestyle (atau Xexmenu). Lihat tutorialnya di bawah ini

freestyle filemanager1Jalankan Freestyle dan pilih File Manager

freestyle filemanager2Masuk ke folder Aurora/Data dan sorot folder Databases, GameData, Logs dan Thumbnails dengan menekan tombol X. Lalu tahan tombol LB disertai tombol B untuk Delete.

freestyle filemanager3Konfirmasi delete dengan memilih Yes

Setelah database di delete, silahkan lalukan set path ulang dengan melihat tutorial Aurora.

Selamat mencoba

Last modified on Wednesday, 08 February 2017 10:00