Wednesday, 12 August 2015 06:20

Tips Memperbaiki Stik Xbox 360 Yang Sering Disconnect

Sebagai gamer Xbox 360 atau PC tentu sering mendengar atau mengalami masalah stik wireless Xbox 360 yang sering disconnect walau sudah ganti batere baru sekalipun. Permasalahannya sebenarnya bukan pada bagian baterai, tetapi ada pada dudukan atau tempat baterai itu sendiri. Agar lebih jelasnya lihat foto di bawah ini

bat1Lepaskan tempat baterai dan perhatikan bagian yang diberi lingkaran merah.

bat1bPerhatikan juga bagian yang diberi lingkaran merah pada stik Xbox 360. Bagian ini yang menekan pelat besi pada dudukan baterai.

bat2Pelat besi tersebut berfungsi sebagai switch, dimana pelat besi atas akan nempel ke dua buah pin besi di bawahnya bila dipasangkan ke stik Xbox 360. Dua pin besi di bawah pelat besi ini lama-lama akan tenggelam dan tidak lagi menempel pada pelat besi diatasnya, oleh sebab itu stik tidak akan menyala walau menggunakan baterai batu sekalipun.

bat3Solusinya adalah angkat kembali kedua pin besi menggunakan jarum besar atau pinset.

bat4Dan turunkan kembali pelat atas namun jangan sampai menekan terlalu dalam (jangan sampai menekan kedua pin dibawahnya)

Setelah melalui proses perbaikan yang sederhana ini, silahkan tes kembali stiknya. Dalam kasus-kasus tertentu, trik ini tidak dapat diimplementasikan. Beberapa kasus yang tidak bisa diselesaikan dengan cara ini contohnya : pelat besi tempat polaritas baterainya berkarat / pelatnya telalu dalam, pelat nya sudah patah, stiknya sudah korslet. Selamat mencoba.

Last modified on Wednesday, 08 February 2017 09:51